12 Maret 2010

Lingsir Wengi

3 comments
Hmm.. Sampai saat ini pun masih banyak yang penasaran dengan kidung (lagu) Lingsir Wengi yang ada di pilem horor Indonesia yang b'judul Kuntilanak. Liriknya seperti ini:
lingsir wengi sliramu tumeking sirno
ojo tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang..

wojo lelayu sebet
yang arti dalam bahasa Indonesia-nya:
menjelang malam, (bayang) dirimu akan mulai lenyap
jangan bangun dari tidurmu
awas jangan terlihat
aku sedang dalam gelisah
jin dan setan yang kuperintah…
jadilah apapun..

jangan membawa maut
Pada adegan dalam pilem Kuntilanak kidung tersebut digunakan sang lakon untuk memanggil perewangannya, kuntilanak, untuk membalaskan dendam sang lakon kepada orang-orang yang berusaha mengganggu atau menyakitinya.

Sayang sekali banyak orang yang salah menafsirkan kidung tersebut sebagai mantra untuk memanggil kuntilanak. Bahkan terlalu mendramatisir jika mendengarkan kidung atau menyanyikannya maka akan terjadi hal-hal yang membuat takut diri mereka sendiri bahkan sampai kesurupan.

Menurut pendapat Wam, kidung itu BUKAN untuk memanggil kuntilanak. Kidung itu hanyalah durma dari sebuah macapat. Untuk mendukung suasana angker dari film Kuntilanak. Apalagi dinyanyikan secara lirih dengan nuansa musik yang mencekam.

Dan juga, pada lirik kidungnya yang diperintah (diutusi) adalah jin dan setan, bukan kuntilanak. Mungkin juga apabila perewangan sang lakon adalah tuyul, maka yg keluar dari cermin adalah tuyul.. T__T



sumber: Tony, Funs, Kaskus, Hero

3 comments:

Icank mengatakan...

kadang horor itu juga dibuat oleh manusia itu sendiri bro...tapi emang aku yang gak tau bahasa jawa dengerin lagunya,,jadi merinding..padahal aku nggak tahu artinya...Nice post..

ayo...saling Follow My bro...blogmu tak follow ini

Wira Wam mengatakan...

mungkin terbawa sama suasana musiknya kamu bro, hha.. :D
terima kasih ya.
post2mu jg lucu2, jadi fresh bacanya.. :)

udah follow memfollow bro, smangaaat..!! ;)

Nuu mengatakan...

hhiiiii....
takutt....
kuntilanaknya keluar...

Posting Komentar